Tahukah Anda : Beda Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Tulisan ini hadir karena terinspirasi pertanyaan anak saya.
Anak yang sering malas mencari informasi dari buku atau internet, karena menganggap saya seperti perpustakaan hidup. Haha

struktur skripsi, tesis, disertasi
Sumber : UNSW

Mungkin pertanyaan yang sama terlintas di benak anda. Bukan sekadar pernyataan bahwa SKRIPSI adalah tugas akhir untuk pendidikan S1 (Strata 1 / Sarjana), TESIS untuk S2 (Master) dan DISERTASI adalah ending dari pendidikan S3 (Doktoral).

Saya sendiri selalu mencari arti suatu istilah dengan merujuk pada kamus. Namun bukan kamus "terjemahan" seperti Kamus Inggris-Indonesia, melainkan jenis kamus Indonesia-Indonesia atau English-English (untuk bahasa lain ... saya gak paham 😊)

Berikut beberapa definisi yang saya sarikan dari berbagai sumber (utamanya kamus)

  • SKRIPSI
Sejujurnya saya belum menjumpai asal bahasa dari SKRIPSI. Sehingga sayapun belum menjumpai istilah tepat di dalam bahasa Inggris.
Ada yang menyebutnya dalam istilah MINITESIS atau UNDERGRADUATE THESIS (untuk membedakan dengan POSTGRADUATE THESIS yang sering disebut dengan THESIS saja)
Jika saya mencoba menggunakan Google Translate (meskipun saya tidak sarankan), SKRIPSI = ESSAY yang mempunyai arti sebagai berikut :

ESSAY : a short piece of writing that tells a person's thoughts or opinions about a subject.
Full Definition : an analytic or interpretativeliterary composition usually dealingwith its subject from a limited or personal point of view

Salah satu definisi SKRIPSI dijelaskan sebagai berikut :

SKRIPSI adalah sebuah karya tulis ilmiah/karangan ilmiah yang dapat mengemukakan pendapat dari penulis yang berpatokan dari pendapat orang lain. Kepentingan dari membuat skripsi adalah untuk untuk mendapatkan gelar sarjana (S1) bagi para mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan akhirnya.

Untuk mendapat gelar tersebut mahasiswa diberikan tugas untuk membuat karya tulis ilmiah berupa skripsi. Skripsi sendiri dibagi menjadi 2 bagian dalam proses pembuatannya, yaitu:

1. Langsung ( Observasi Lapangan)
2. Tidak Langsung ( Studi Kepustakaan)

  • TESIS
Untuk istilah TESIS tidak ada masalah, karena dijumpai dalam kamus dengan istilah THESIS.
Pengertian THESIS adalah sebagai berikut :

THESIS : a long piece of writing on a particular subject that is done to earn a degree at a university: a statement that someone wants to discuss or prove.
(Plural form : THESES)

Sedangkan dalam bahasa Indonesia TESIS didefinisikan sebagai berikut :
TESIS adalah karya tulis ilmiah/karangan ilmiah yang mengemukakan pendapat dari penulis mengenai pengetahuan baru dengan melakukan pengujian tehadap suatu hipotesa. Penulisan tesis berujuan untuk meraih gelar magister (S2)

Dengan demikian TESIS adalah pengujian terhadap suatu hipotesa atau sesuatu yang masih praduga/butuh diuji kebenarannya maka dilakukanlah pengujian terhadap praduga tersebut.
Bedanya tesis dan skripsi pada penelitian yang sifatnya lebih mendalam.


  • DISERTASI
Istilah DISERTASI juga dijumpai dalam bahasa Inggris yaitu DISSERTATION yang memiliki arti sebagai berikut :

DISSERTATION : a long piece of writing about a particular subject that is done to earn an advanced degree at a university.
Full Definition : an extended usually writtentreatment of a subject; specifically : one submitted for a doctorate

Sedangkan dalam bahasa Indonesia, DISERTASI memiliki definisi sebagai berikut :
DISERTASI merupakan karya tulis ilmiah/karangan ilmiah yang menjelaskan teori baru yang bisa dibuktikan berdasarkan fakta secara empiris dan objektif. Karya tulis disertasi bertujuan untuk meraih gelar doktor (S3)

Sebagai kesimpulan akhir :
Perbedaan dari ketiga jenis karya ilmiah itu secara umum adalah perbedaan dalam mendapatkan gelar. Pada SKRIPSI gelar yang akan didapat adalah sarjana (S1), pada TESIS gelar yang dapat diperoleh adalah Magister (S2), dan pada DISERTASI gelar yang didapat adalah Doktor (S3)
Selain perbedaan gelar yang didapat ketiga karya ilmiah tersebut memilik perbedaan lainnya. Disertasi bobot akademisnya lebih besar daripada tesis, dan tesis bobot akademisnya lebih besar dari skripsi. 
Selain itu permasalahan yang dibahas dalam ketiga karya ilmiah itu berbeda. Disertasi permasalahan yang dibahas lebih luas dan mendalam daripada kedua karya ilmiah lainnya karena hasil dari disertasi merupakan teori baru atau sesuatu yang baru dan asli diciptakan. Sedangkan tesis permasalahan yang dibahas lebih mendalam daripada skripsi.

Lebih lanjut saya akan update tulisan ini, jika saya jumpai pengertian yang lebih rinci dan spesifik.

Sumber :
Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Karya ilmiah
Merriam-Webster Dictionary
Sumber lain di internet.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

  1. Artikel yang menarik....Negara yang berbeda mendefinisikan kata tesis dan disertasi secara berbeda, yaitu di beberapa negara mereka digunakan secara bergantian, sedangkan di beberapa negara tesis terkait dengan program sarjana atau master dan disertasi digunakan dalam konteks gelar doktor, sedangkan di beberapa negara sebaliknya.

    ReplyDelete